Home / Kesehatan / Zat Berbahaya Yang Sulit Diurai Tubuh

Zat Berbahaya Yang Sulit Diurai Tubuh

Zat Berbahaya Yang Sulit Diurai Tubuh – Masyarakat di sekitar Sungai Waepo dan Teluk Kayeli di Pulau Baru Maluku yang tercemar oleh limbah merkuri memerlukan perhatian yang khusus dari Pemerintah setempat.

Konsumsi air dan binatang air dari wilayah itu harus diberhentikan sampai kandungan merkuri yang ada di dalam air dan biota perairan itu memenuhi ambang batas yang aman. Jika itu tidak dilakukan maka kesehatan para warga masyarakat akan menjadi taruhannya.

Merkuri menjadi satu – satunya logam yang berbentuk cairan. Merkuri anorganik dipakai untuk memisahkan emas dari tanah. Pembuangan limbah merkuri yang sembarangan tempat akan membuat merkuri masuk ke sungai, teluk dan juga lautan. Merkuri pun mengandap di sedimen dasar perairan. Endapan merkuri itu bisa dimakan plankton, tingkat terbawah dari rantai makanan yang ada di perairan. Sejak masuk metabolism makhluk hidup, merkuri anorganik berubah menjadi metal merkuri yang merupakan merkuri organik.

Sebagai logam berat, merkuri sangat sukar untuk diuraikan dalam tubuh makhluk hidup, termasuk manusia sehingga di tubuh sekamanya. Oleh sebab itu merkuri di plankton akan berpindah ke serangga air atau binatang air kecil lain yang makan plankton. Merkuri masuk ke dalam tubuh manusia dengan berbagai cara. Selain dari air dan bahan pangan tercemar, merkuri masuk melalui saluran pernapasan atau kulit.

About admin