Home / Kesehatan / Waspadai Gangguan Menstruasi Amenorrhea

Waspadai Gangguan Menstruasi Amenorrhea

Waspadai Gangguan Menstruasi Amenorrhea – Menstruasi adalah suatu yg alami berlangsung kala seseorang wanita telah masuk umur subur. Menstruasi berlangsung gara-gara sel telur yg tidak dibuahi. Meskipun adalah satu proses alami pada wanita, ada beberapa wanita yg tidak merasakannya.

Tidak alami menstruasi dimaksud dengan juga amenorrhea. Tidak cuman kehamilan, ada banyak unsur efek yang bisa membawa dampak berlangsungnya amenorrhea. Unsur efek itu salah satunya merupakan penurunan berat tubuh lewat cara mencolok, malnutrisi, kenaikan berat tubuh yg berlebihan, problem organ reproduksi, pemakaian alat kontrasepsi, problem kromosom atau hormon, sampai keadaan khusus seperti penyakit tiroid atau penyembuhan tumor.

Ada dua tipe amenorrhea yang bisa Anda alami, ialah :

1. Primer : ialah kala menstruasi belum berlangsung disaat seseorang wanita telah berumur 16 tahun. Rata-rata wanita alami menstruasi kali pertama kala berumur sembilan sampai 18 tahun, meskipun rata-rata merasakannya di umur 12 tahun.

2. Sekunder : ialah seseorang wanita yg awal mulanya alami menstruasi, lalu tidak merasakannya sepanjang tiga periode atau lebih lewat cara berturutan.

Anda yg alami dua tipe amenorrhea itu baiknya selekasnya berkonsultasi ke dokter untuk memperoleh jalan keluar yg pas. Kontrol bisa dijalankan dengan kontrol darah serta kontrol MRI atau USG. Kontrol itu dijalankan untuk jelas yang menimbulkan amenorrhea hingga bisa dikerjakan dengan pas.

Umumnya, amenorrhea memang tidak bisa dihindari, tapi Anda dapat kerjakan cara-cara untuk turunkan risikonya. Cara itu salah satunya yaitu dengan mengatur berat tubuh, olah-raga teratur, menentukan kontrasepsi yg sesuai sama, serta kerjakan penyembuhan pada penyakit yg tengah terkena sampai selesai.

About admin