Home / Berita Umum / Uang Rp 35 Juta dan 22 Gram Emas Ditemukan di Rumah Pemulung di Purworejo

Uang Rp 35 Juta dan 22 Gram Emas Ditemukan di Rumah Pemulung di Purworejo

Uang Rp 35 Juta dan 22 Gram Emas Ditemukan di Rumah Pemulung di Purworejo – Satu keluarga di Purworejo, Jateng, sehari-harinya hidup dalam terbatasnya di rumah yang tidak wajar huni serta penuh dengan rongsokan. Akan tetapi, masyarakat dikagetkan dengan penemuan uang beberapa puluh juta rupiah serta emas beberapa puluh gr di rumah itu.

Keluarga Sutarman (62) masyarakat Dusun Tawangrejo, Desa Keseneng, Kecamatan purworejo, sejauh ini diketahui masyarakat lebih kurang jadi pemulung serta hidup dalam terbatasnya. Rumah dari anyaman bambu memiliki ukuran 2,5 X 6 mtr. yang dihuni keluarga itu memang kelihatan kumuh sebab beragam barang rongsok menggunung di halaman ataupun dalam bilik.

Sebab terasa kasihan serta prihatin, pihak desa yang bekerjasama dengan aparat kemanan dan lembaga berkaitan lakukan pembersihan rumah itu, Rabu (20/3/2019). Idenya, selesai dibuat bersih rumah bakal dibikin kembali biar keluarga pemulung itu dapat hidup lebih wajar.

Akan tetapi tidak dinyana, selesai dibuat bersih, nyata-nyatanya diketemukan uang tunai lebih dari Rp 35 juta. Bukan cuma itu, buku tabungan berisi saldo Rp 8 juta dan perhiasan emas seberat 22,5 gr pun diketemukan dari tumpukan busana rongsok.

“Selesai kami pisahkan satu-satu, nyata-nyatanya kami mendapatkan uang tunai lebih dari Rp 35 juta, emas 22,5 gr serta buku tabungan berisi saldo lebih kurang Rp 8 juta,” kata Danramil Purworejo, Kapten Benar-benar Kurdi.

Sampai sekarang pembersihan rumah Sutarman tetap terjadi serta biarpun diketemukan uang beberapa puluh juta rupiah serta perhiasan emas beberapa puluh gr, pemerintah terus bakal melakukan perbaikan rumah itu biar wajar huni. Semua barang rongsok yang dipandang tdk terpakai selanjutnya diangkut memanfaatkan truk buat dibuang.

“Kami terus bakal bongkar serta perbaiki rumah Pak Sutarman. Selalu uang yang sudah diketemukan kami rekomendasikan buat ditabung agar dapat dipakai dengan baik. Kalaupun dapat tak usah mulung kembali,” sambungnya.

Sutiyem (63), istri Sutarman, mengakui miliki serta menyengaja menaruh uang sejumlah itu buat diperlukan jadi ongkos sekolah anak-anaknya. Sedang perhiasan emas berbentuk kalung dan cincin itu dia beli saat dahulu belum juga menikah.

“Ya bisa uangnya dari memulung mencari rongsok selalu dipasarkan, terkadang ada yang kasihan selalu memberikan uang juga. Memang saya taruh buat pendidikan anak. Kalaupun emasnya dahulu saya beli saat tetap gadis,” tutur Sutiyem.

Didapati, Sutarman hidup bersama-sama istrinya Sutiyem serta ke dua anaknya Linda Permaisuri (18) dan Handoko Prabowo (14). Buat bertahan hidup, keluarga itu terpaksa mengais banyak barang sisa di jalanan serta terkadang terima pemberian uang dari masyarakat beda yang dijumpai di jalan.

Buat mengais rongsokan, keluarga itu share pekerjaan. Sutarman pergi memulung dari pagi sampai siang atau sore, sesudah itu sang istri meneruskannya sampai tengah malam. Bahkan juga, Linda anak pertamanya lantas mesti turut temani ibunya sepulang sekolah buat menelusuri jalanan di Purworejo buat mendapat barang sisa.

About admin