Home / Uncategorized / Tidur, rahasia simpel untuk perbaiki sel otak yang rusak

Tidur, rahasia simpel untuk perbaiki sel otak yang rusak

Bila sampai kini kurang tidur di ketahui dapat mengakibatkan kerusakan otak, jadi demikian sebaliknya tidur malah dapat menolong melakukan perbaikan rusaknya sel otak. Hal semacam ini disibak lewat riset yang dikerjakan pada tikus.

Peneliti dari University of Wisconsin temukan kalau tidur dapat tingkatkan sistem dalam pembentukan myelin yang menolong melakukan perbaikan rusaknya pada otak. Myelin adalah bertugas membungkus beberapa sel saraf pada otak serta tulang belakang yang bertugas menyalurkan rangsangan listrik pada satu sel ke sel yang lain.

Hasil ini diketemukan sesudah peneliti mencermati pembentukan myelin pada tikus yang tidur dan tikus yang kurang tidur. Gen yang bertugas untuk menghasilkan sel serta melakukan perbaikan rusaknya sel otak di ketahui aktif saat tikus tertidur. Sesaat gen yang terkait dengan kematian sel serta stres lebih aktif saat tikus ‘dipaksa’ tetaplah bangun serta kurang tidur.

Peneliti juga temukan kalau reproduksi sel makin berlipat sepanjang tidur, terlebih saat bagian tidur REM yang dapat ditandai dengan timbulnya mimpi waktu tidur, seperti ditulis oleh US News.

Sampai kini peneliti konsentrasi pada kesibukan sel saraf saat hewan tidur serta bangun. Saat ini terang kalau sel lain yang menolong system saraf beroperasi juga beralih saat hewan tidur serta bangun, ungkap Dr Chiara Cirelli dari University of WIsconsin Madison.

Walau demikian peneliti merencanakan lakukan riset selanjutnya lantaran kerapkali hasil riset pada hewan dapat tidak sama saat diaplikasikan pada manusia.

About admin