Home / Uncategorized / Tampak sama, ini ketidaksamaan es cream, gelato serta sorbet

Tampak sama, ini ketidaksamaan es cream, gelato serta sorbet

Es cream, gelato serta sorbet adalah hidangan penutup yang termasuk popular, termasuk juga di Malang. Untuk penggemar kuliner yang masihlah pemula dengan tiga type hidangan penutup ini, pasti bakal sedikit kebingungan untuk membedakannya, mengingat tampilan ketiganya yang sama. Nah, supaya tidak bingung, tersebut adalah ketidaksamaan umum dari es cream, gelato, serta sorbet.

Diliat dari sisi pemrosesannya, es cream adalah makanan semi padat yang di buat dengan membekukan kombinasi susu, lemak hewani atau nabati, gula serta bahan yang lain (seperti perasa buah).

Biasanya, es cream terbuat dari 10 -16% lemak susu (milkfat), 9-12% padatan susu bukanlah lemak (milk solids-non-fat, MSNF), 12-16% pemanis, 0, 2-0, 5% penstabil (stabilizer) serta pengemulsi (emulsifier), dan 55-64% air.

Beberapa bahan itu lalu dikocok sampai mengembang. Sistem pengocokan terebut mengakibatkan 1/2 dari es cream yang sudah dibekukan memiliki kandungan gelembung hawa. Sistem pembekuannya yang meraih minus 18-20 derajat celcius mengakibatkan es cream gampang cair pada suhu normal. Kelebihannya, walau disimpan kurun waktu yang lama tidak bakal merubah cita rasa es cream.

Gelato
Gelato datang dari bhs Italia yang bermakna es cream. Gelato adalah semacam makanan penutup untuk orang-orang Italia. Dengan cara tradisional, gelato di buat dengan susu tanpa ada memberikan cream. Terkecuali susu, pembuatan gelato juga memakai air, gula, serta buah fresh.

Lantaran susu tidak mengembang dengan baik seperti cream, gelembung hawa dalam gelato relatif sedikit. Hal semacam ini pulalah yang mengakibatkan struktur gelato lebih padat serta mulus di banding es cream.

Pemakaian bahan yang fresh juga bikin gelato cuma dapat bertahan dalam hitungan hari. Kelebihannya, waktu disantap gelati tidak gampang meleleh. lantaran sistem pembekuan gelato cuma memerlukan suhu minus 10-15 derajat celsius.

Sorbet
Ketidaksamaan paling utama sorbet dari es cream ataupun gelato terdapat pada berbahan yang tidak memakai cream ataupun susu. Sederhananya, sorbet adalah gelato yang tidak memakai susu.

Sorbet cuma memakai buah serta air sebagai bahan intinya. Sorbet dengan kandungan buah yang semakin banyak dibanding air, bakal membuahkan struktur yang lembut, walau tidak selembut es cream ataupun gelato.

About admin