Home / Berita Umum / Sebanyak 101 Anak Membentangkan Kain Stagen 1.016 Meter di Sleman

Sebanyak 101 Anak Membentangkan Kain Stagen 1.016 Meter di Sleman

Sebanyak 101 Anak Membentangkan Kain Stagen 1.016 Meter di Sleman – Terlihat panorama berlainan di lapangan Candi Banyunibo, Kecamatan Prambanan, Sleman tadi siang. Sekitar 101 anak membentangkan kain stagen selama 1.016 mtr.. Kain stagen dibentangkan membuat angka 102 bila disaksikan dari atas, sama dengan umur Kabupaten Sleman pada tahun ini.

Kain stagen berwarna oranye itu menyengaja dibikin untuk dilelang seharga Rp 100 ribu per 5 mtr.. Akhirnya akan disumbangkan pada masyarakat terdampak gempa serta tsunami di Sulawesi Tengah.

“Gagasannya akan kita lelang serta akhirnya akan disumbangkan ke korban gempa di Sulteng,” kata Ketua Tubuh Promo Pariwisata Sleman, Guntur Eka Prasetya, Minggu (7/10/2018).

Di peluang yang sama, pembentangan kain stagen yang diselenggarakan Pemkab Sleman ikut mendapatkan penghargaan dari MURI menjadi kain stagen terpanjang dalam dunia.

Selain itu, penenun kain stagen, Jumilah (50) mengakui memerlukan waktu 1,5 bulan untuk bikin kain stagen selama 1.016 mtr.. Wanita masyarakat Pingitan, Sumberarum, Moyudan, Sleman itu menenun seseorang diri.

“Satu hari bisa 20-25 mtr.,” katanya.

Jumilah keseharian memang profesinya menjadi penenun stagen hingga tidak ada hambatan yang bermakna. Ia menenun menggunakan alat tenun bukan mesin.

“Ya sangat kendalanya cocok gulung kain, kan panjang,” paparnya.

About admin