Home / Uncategorized / Rokok Mengganggu Kesuburan Pria

Rokok Mengganggu Kesuburan Pria

Rokok Mengganggu Kesuburan Pria – Merokok tidak hanya meningkatkan resiko penyakit kronis namun juga masalah kesuburan pada laki – laki. Hal ini dikarenakan kandungan berbahaya dari asap rokok yang dapat merusak kualitas sperma. Dalam rokok itu ada Reactive Oxygen Species atau ROS yang menghasilkan radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas ini bisa merusak materi genetic sperma. Buruknya kualitas sperma sering kali menjadi penyebab pasangan suami istri belum dikaruniai anak walaupun sudah rutin melakukan hubungan seksual. Sekitar 35 persen masalah kesuburan disebabkan oleh kualitas sperma yang kurang baik.

Dalam kesempatan yang sama dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi menjelaskan bahwa rusaknya materi genetik dapat membuat sel sperma gagal membuahi sel telur.mungkin jumlah dan gerakan spermanya bagus namun waktu dilihat materi DNA rusak jadi tak mampu untuk membuahi.

Materi genetik sperma yang rusak akan mempengaruhi kualitas dari embrio. Untuk itu bagi pasangan yang mengikuti program bayi tabung dokter bukan hanya akan melihat kondisi sel telur dan rahim wanita namun juga kualitas sperma dari laki – laki. Baik buruknya kualitas sperma ini masih bisa diintervensi untuk meningkatkan peluang kehamilan sang istri saat mengikuti program bayi tabung.

About admin