Home / Berita Umum / Puluhan Kera Liar yang Turun ke Pemukiman Buat Resah Warga di Lumajang

Puluhan Kera Liar yang Turun ke Pemukiman Buat Resah Warga di Lumajang

Puluhan Kera Liar yang Turun ke Pemukiman Buat Resah Warga di Lumajang – Segerombolan kera liar turun ke permukiman serta masuk ke rumah penduduk Lumajang. Beberapa puluh kera yang turun ke pemukiman Desa Condro Kecamatan Pasirian, bikin gelisah penduduk.

Bahkan juga kera-kera itu masuk ke kebun penduduk serta konsumsi buah seperti pisang atau pepaya. Turunnya kera semenjak beberapa waktu ini dari Gunung Tambu. Disangka tdk ada makanan hingga mereka turun gunung.

“Kera liar ini kerap ke permukiman penduduk buat mencari makan beberapa waktu ini. Terkadang keranya makan pisang, papaya di kebun. Bahkan sampai ada yang masuk ke rumah penduduk,” papar salah satunya penduduk Desa Condro, Lilis Saparini (45) kala dilakukan konfirmasi, Minggu (17/2/2019).

Buat menangani serangan kera itu, penduduk cuma menepis kala hadir ke permukiman.

“Jika kera hadir ke permukiman ya kami halau saja serta mereka langsung lari. Belumlah ada yang menyerang penduduk,” papar Lilis.

Soal sama dijelaskan Junaidah (35) penduduk Desa Condro. Diakui dia kera-kera itu berdiri diatas genting. “Jika udah turun gunung, kera-kera itu hadir serta naik ke genting rumah penduduk. Ini kera-kera turun dari Gunung Tambu, mungkin tdk ada makanan di gunung. Jadi turun ke permukiman penduduk,” jadi Junaidah.

Kepala Desa Condro membetulkan gerombolan kera mendatangi permukiman penduduk. Kera-kera itu kebanyakan hadir pagi atau sore hari. Sekali hadir, banyaknya 5 sampai 20 ekor.

“Di Gunung Tambu memang banyak kera liar, namun jika yang turun ke pemukiman lebih kurang menggapai 20 ekor-an. Kebanyakan mereka turun buat mencari makan,” papar kepala desa.

About admin