Home / Berita Umum / Pernikahan Usia Anak Di Sulawesi

Pernikahan Usia Anak Di Sulawesi

Pernikahan Usia Anak Di Sulawesi – Desa – desa kecil yang tidak terhitung jumlahnya memenuhi garis pantai Pulau Sulawesi. Deretan rumah panggung berderet – deret diantara pantai – pantai indah dan hutan yang hijau membentang luas.

Akan tetapi pemandangan nan indah itu sesungguhnya menyimpan krisis yang tersembunyi. Sulawesi Barat mempunyai tingkat perkawinan usia anak yang cukup mengkhawatirkan. Provinsi ini mempunyai prevalensi yang sangat besar, anak perempuan yang menikah pada usia di bawah 15 Tahun di Indonesia. Sebab banyak alasan seperti misalnya budaya, agama, ekonomi, masa kecil anak – anak perempuan yang hilang setiap harinya.

Ayu bukan nama sebenarnya, adalah salah satu dari anak – anak perempuan itu. Perempuan yang masih berusia belasan th\ahun ini bersuara lembut tinggal di sebuah desa pertanian sepi, katakan saja Desa Amara. Ibu dan nenek saya keduanya menikag pada usia 14 tahun, ucapnya.

Tradisi keluarga ini selalu berjalan terus, saya usia 15 tahun saat saya menikah dan suami saya Ganes berusia 23 tahun. Ayu dan Ganes menikah di Kantor Urusan Agama setempat. Ayu memalsukan usianya. Pemalsuan semacam ini adalah praktik biasa di desanya sebab sebagian besar anak tak mrmpunyai akta kelahiran.

About admin