Home / Indonesia / Pembobolan Bank BTN Buat OJK Turun Tangan

Pembobolan Bank BTN Buat OJK Turun Tangan

Pembobolan Bank BTN Buat OJK Turun Tangan – Sekian waktu lalu, tersingkap ada masalah pembobolan dana nasabah di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Tak tanggung-tanggung, dana nasabah yang melayang meraih Rp 258 miliar.

Pembobolan dana nasabah ini disangka dikerjakan oleh sindikat kejahatan perbankan serta melibatkan oknum pegawai internal BTN.

Berkaitan hal semacam ini, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Layanan Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad menyebutkan, pihaknya telah kirim tim untuk mengatasi persoalan ini selanjutnya.

Diluar itu, Muliaman menjelaskan tak tutup peluang masalah ini bakal berlanjut dengan cara hukum karena masalah ini yaitu masalah fraud atau penipuan.

“Oleh karenanya kami imbau manajemen fraud yang telah kami berikat pedomannya diimplementasikan, ” tutur Muliaman di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Muliaman mengungkap, belajar dari masalah sejenis ini sesungguhnya semestinya dikerjakan pada garis pertama pertahanan resiko perbankan dengan kata lain first line of defense.

Diluar itu, tiap-tiap bank diinginkan mempunyai unit spesial untuk mengatasi bermacam resiko, termasuk juga penipuan atau penggelapan.

“Ada unit inspektor yang ada didalam pengawasan pimpinan. Sudah pasti ini bukanlah suatu hal yang baru, ” papar Muliaman.

Diluar itu, tambah Muliaman, semuanya bank diinginkan bisa mengoperasionalkan manajemen fraud dengan baik.

Sebagai info, pembobolan dana nasabah BTN ini dikerjakan dengan skema bilyet deposito fiktif. BTN telah melaporkan perkara pembobolan dana nasabah itu ke polisi pada 21 November 2016.

About admin