Home / Berita Umum / Masyarakat Muslim di Desa Wakal, Kaitetu, Serta Tengahtengah Sudah Lebaran

Masyarakat Muslim di Desa Wakal, Kaitetu, Serta Tengahtengah Sudah Lebaran

Masyarakat Muslim di Desa Wakal, Kaitetu, Serta Tengahtengah Sudah Lebaran – Kaum muslim suni di Desa Wakal, Kaitetu, Kecamatan Leihitu, serta Tengahtengah, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, rayakan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah pada Senin (3/6) . Mereka telah mendatangkan salat Idul Fitri di masjid-masjid pada tempat semenjak jam 07. 00 WIT.

Seperti diberitakan Pada, salat Idul Fitri masyarakat Wakal diakhiri di Masjid Nurul Awal dibawah pimpinan imam Kasim Tahapary. Tengah masyarakat Kaitetu mendatangkan salat di Masjid Jami Hena Lua dengan imam Muhammad Nur Lumaela.

Di desa Tengahtengah, salat dipertunjukkan di Masjid An ‘Nima dengan pimpinan imam Abdul Haji Tuharea.

Meskipun cuaca kelihatan gak demikian berteman, proses salat di ke-3 desa itu, berjalan hikmat.

Beberapa ribu masyarakat memadati ruang masjid semasing sampai ke pelataran serta halaman buat melakukan salat sunnah Idul Fitri.

Seperti adat dalam perayaan Idul Fitri di Indonesia, selesai melakukan salat Idul Fitri, masyarakat di ke-3 desa itu sama-sama berkunjung ke banyak kerabat serta tetangga buat bersilaturahmi.

Masyarakat muslim di Desa Wakal, Kaitetu, serta Tengahtengah dijumpai melakukan beribadah puasa 1 Ramadhan 1440 Hijriyah pada 4 Mei 2019, dua hari lebih dini dari yg diputuskan oleh pemerintah lewat Kementerian Agama.

Pemutusan 1 Ramadan serta 1 Syawal di tiga desa itu diakhiri oleh beberapa penghulu masjid serta pakar agama semasing. Mereka menggunakan trick penentuan hitung hisab serta rukyat dan berpatokan pada kalender falakiah kuno berbahasa Arab.

Tokoh masyarakat di Desa Tengahtengah, Abdul Gofar Tuharea memberikan adat pemutusan 1 Ramadan serta 1 Syawal di kampungnya diakhiri oleh beberapa tetua dari mata rumah (barisan marga dalam strata masyarakat adat Maluku) Tuharea Pagalare.

Tuharea Pagalare adalah mata rumah imam serta tokoh agama Islam di Desa Tengahtegah.

Dalam menekankan waktu beribadah puasa 1 Ramadan atau perayaan Idul Fitri 1 Syawal, beberapa tetua memandang tempat bulan di ufuk barat. Setelah itu, mendatangkan rapat bersamaan dan memperbandingkannya dengan kalender falakiah kuno yg tersimpan di rumah tua Tuharea Pagalare.

” Beberapa orangtua dari rumah tua Tuharea Pagalare yg kerjakan hitung buat berpuasa 1 Ramadan serta penerapan Idul Fitri. Sama dengan Wakal serta Kaitetu, kami di sini menggunakan kalender falakiah kuno, ” katakan Abdul Gofar Tuharea.

Bukan cuma Desa Wakal, Kaitetu, serta Tengahtengah di Pulau Ambon, Desa Waiputih, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah yg ada pada Pulau Seram rayakan Idul Fitri 1440 Hijriyah dalam ini hari.

Desa Waiputih dijumpai melakukan beribadah puasa 1 Ramadan 1440 Hijriyah pada 4 Mei 2019, serta telah mendatangkan salat Idul Fitri di masjid pada tempat, pagi barusan.

About penulis77