Home / Uncategorized / Jenis Penyakit Hepatitis

Jenis Penyakit Hepatitis

Jenis Penyakit Hepatitis – Kita baru saja dikejutkan oleh berita mengenai belasan mahasiswa IPB yang terkena penyakit hepatitis A. sebenarnya apa itu hepatitis dan mengapa ada sebutan Hepatitis A dan juga Hepatitis B dan seterusnya.

Menurut WHO hepatitis adalah kondisi peradangan hati. Peradangan ini dapat terbatas atau berkembang menjadi fibrosis ( jaringan parut ) sirosis atau kanker hati. Virus adalah penyebab paling umum dalam penyakit hepatitis. Namun infeksi hati atau liver juga dapat dipicu oleh zat yang mengandung racun misalnya alcohol dan obat – obatan tertentu. Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan penyakit hepatitis.

Ada lima virus hepatitis disebut sebagai tipe A, B, C, D serta E. kelima jenis virus ini menjadi perhatian karena beban penyakit dan kematian yang mereka bawa dan berpontensi menyebabkan wabah dan epidemi. Secara khusus jenis B serta C menyebabkan penyakit kronis pada ratusan juta orang dan menjadi penyebab paling umum sirosi ( pengerasan ) dan kanker hati.

Infeksi virus hepatitis dapat terjadi dengan tanpa gejala, sedikit gejala, atau dengan gejala nyata seperti penyakit kuning ( kulit dan mata menjadi berwarna kuning ) urin berwarna gelap, kelelahan ekstrim, mual, muntah dan sakit perut, hilang nafsu makan dan pada hepatitis B kadang disertai sakit dipersendian.

About admin