Home / Uncategorized / Ciri – Ciri Gejala Kista

Ciri – Ciri Gejala Kista

Ciri – Ciri Gejala Kista  – Setiap wanita mempunyai 2 indung telur yakni berada di sebelah kanan dan kiri. Setiap indung telur tersebut berisi ribuan telur yang masih muda atau folikel yang setiap bulan akan mengalami pembesaran dan hanya satu folikel yang membesar sangat cepat sehingga menjadi telur yang matang. Jika gangguan terjadi pada siklus ini maka beresiko munculnya kista pun akan menjadi meningkat.

Bagaimana kista bisa muncul dan apakah kista itu berbahaya ? bagaimana cara mendeteksinya dan mengatasi kista jika hal tersebut terlanjur terjadi? Yuk kita pahami fakta – fakta berikut ini. Munculnya kista ada di dalam ruang panggul seorang wanita terdapat rahim yang diapit oleh dua ovarium. Ovarium adalah organ pembuat sel telur. Di dalam ovarium terdapat folikel  dan didalam folikel inilah sel telur disimpan.

Cara mendeteksi terjadinya kista. Kista sering muncul tanpa ada gejala dan bisa hilang dengan sendirinya. Kista folikel misalnya kebanyakan tidak mempengaruhi siklus dari menstruasi. Adapun kista korpus leteum timbul karena perdarahan pada waktu pelepasan dari sel telur. Darah yang keluar tersamar dengan menstruasi. Biasanya kista korpus leteum menyebabkan terjadinya sakit di rongga panggul.

Beberapa wanita yang mengalami gejala kista sering mengalami nyeri di area perut, demam ddan muntah. Gejala – gejala ini mungkin saja merupakan tanda infeksi dan harus segera ditangani.

About admin