Home / Berita Umum / Akibat Jika Terlalu Banyak Duduk

Akibat Jika Terlalu Banyak Duduk

Akibat Jika Terlalu Banyak Duduk – Anda mungkin sudah mengetahui bahwa terlalu banyak duduk tidak baik untuk kesehatan tubuh kita dan kebanyakan dari kita sering merasa bersalah sebab menghabiskan waktu terlalu lama duduk santai menonton TV. Namun apa yang sebenarnya akan terjadi pada tubuh kita saat menghabiskan 8 jam sehari untuk duduk.

Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) menjelaskan bahwa terlalu lama duduk adalah penyebab kematian nomor 4 setelah tekanan darah tinggi, merokok dan kadar gula darah yang tinggi. Aktivitas fisik memainkan peranan yang sangat penting dalam kesehatan jantung dan juga pembuluh darah. Penelitian memperkirakan setiap penambahan 2 jam duduk dapat meningkatkan resiko  penyakit kardiovaskuler sebanyak 5 %, ujar dr. Simon Salim, Sp. PD.

Dr. Simon juga menjelaskan bahwa saat kita duduk pembakaran kalori akan turun. Setelah 2 jam duduk terus, kadar kolesterol baik turun hingga 20 persen. Oleh sebab itu berdirilah dan lakukan peregangan singkat setiap dua jam sekali, tambahnya.

Berikut adalah dampak yang akan terjadi jika tubuh kita terlalu banyak duduk yaitu terjadinya kerusakan organ, penuaan pada otot, gangguan pada kaki, masalah di otak, dan gangguan yang terjadi pada leher.

About admin