Home / Berita Umum / 8 Kecamatan di Jambi Terendam Banjir Akibat Diguyur Hujan Lebat

8 Kecamatan di Jambi Terendam Banjir Akibat Diguyur Hujan Lebat

8 Kecamatan di Jambi Terendam Banjir Akibat Diguyur Hujan Lebat  – Delapan kecamatan di Kota Jambi terendam banjir karena diguyur hujan deras semenjak Jumat sore sampai malam hari. Delapan kecamatan itu adalah Kecamatan Jambi Selatan, Jambi Timur, Jelutung, Kotabaru, Alam Barajo, Telanaipura, Pasar, Danau Teluk, serta Pelayangan.

“Dari 11 kecamatan di Kota Jambi ada 8 kecamatan yang sekarang ini terendam banjir. Banjir ini karena disebabkan beberapa saluran drainase yang terhalang,” tutur Kepala Damkar serta BPBD Kota Jambi M. Ridwan pada wartawan.

Banjir dengan ketinggian 50-70 cm itu tidak membuat masyarakat mesti mengungsi. Beberapa petugas juga dikerahkan di beberapa titik di lokasi kecamatan yang terendam banjir untuk menghadapi perihal yang tidak diharapkan.

“Saat ini debet saluran sungai di Batanghari telah naik, akan tetapi status masih juga dalam kelompok aman. Ditambah lagi cuaca sekarang ini juga masuk musim penghujan. Serta petugas kita juga kita kerahkan di beberapa titik di tempat untuk menghadapi bila terjadinya banjir dadakan,” tutur Ridwan.

“Banjir ini pula tidak menyebabkan terdapatnya korban jiwa. Beberapa rumah ikut didapati tidak ada yang rusak kronis sebab banjir kesempatan ini sifatnya sesaat. Jika nanti hujan telah reda banjir telah kembali surut,” sambungnya.

Dia ikut menyarankan penduduk Kota Jambi tetap mengawasi sekitar lingkungan serta tidak buang sampah asal-asalan yang bisa membuat saluran drainase terhalang.

Selain itu, Darmawati, masyarakat RT 20, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, menjelaskan, setiap saat hujan deras, banjir sering berlangsung, yang membuat mereka mesti berusaha mengalihkan barang perlengkapan ke tempat yang tambah tinggi.

“Telah letih rasa-rasanya jika semacam ini selalu. Tiap-tiap hujan deras tentu banjir. Jadi tiap-tiap hujan kita telah menghadapi beberapa barang elektronik baik tv, kulkas serta baju kita supaya tidak terendam banjir,” katanya.

Bahkan juga dia mengakui telah terlatih kebanjiran semacam ini setiap saat hujan deras menempa.

“Biasa jika melawan banjir semacam ini, jadi ingin bagaimana kembali. Mudah-mudahan saja pemerintah ditempat bisa melakukan perbaikan saluran drainase yang ada supaya tiap-tiap hujan deras kami tak perlu ketakutan kembali yang mengakibatkan banjir dengan tidak diduga,” katanya.

About admin